Top

Cara Membuat Website Dengan 3 Langkah Mudah

Website adalah salah satu langkah penting dalam menentukan identitas digitalmu. Dengan kemajuan teknologi, terutama dalam dunia website, membuat pengembangan juga semakin mudah. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Mulai dari menggunakan sistem manajemen konten, memanfaatkan website builder, atau kita harus tahu cara membuat website dari nol.

Nah, pada tutorial kali ini, akan coba dijelaskan cara membuat website dengan 3 langkah penting. Jangan khawatir kalau tidak pernah membuat website atau mengembangkannya. Pada artikel ini kita akan mencoba membantumu untuk memulai dari proses paling dasar dalam cara membuat website.

respon

Berikut 3 Langkah Cara Membuat Website

Memilih Platform
Menentukan hosting dan nama domain
Segera mulai membuat website milikmu

1. Membuat Website Dengan Memilih Platform

Langkah pertama yang bisa dilakukan dalam membuat website adalah dengan memilih platform. Ada banyak platform yang bisa dipakai.

Content Management System (CMS)

CMS atau Content Management System adalah sebuah alat pengembangan tingkat lanjut yang bisa dipakai untuk membuat serta mengelola website dan kontennya. Soal CMS, ada banyak pilihan di pasaran. Tapi yang paling populer adalah WordPress, Drupal, dan Joomla.

Ketiga tool tersebut sifatnya gratis dan juga open-source. Tapi dari ketiga tools tersebut, WordPress adalah CMS yang paling populer. Ketiga tools tersebut dikembangkan dengan memakai PHP. Mereka memanfaatkan pemakaian template atau tema untuk mengkostum visualnya dan membuatnya disukai banyak pihak. Meski begitu, Joomla dan Drupal juga tidak bisa serta merta dibandingkan dengan WordPress dalam soal penggunaan, kemudahan, ketahanan, banyaknya pemakai, dan tema serta plugin gratisnya. Bagi mereka yang sangat awam dengan website, WordPress adalah tools yang paling tepat.

Website Builder

Dengan adanya website builder, tingkat otomatisasi makin terwujud. Awalnya opsi kustomisasi tentang fungsi dan desain sangat terbatas. Tapi sekarang banyak sekali website builder dengan sistem drag and drop yang bisa kamu temukan. Jika dibandingkan dengan CMS dan coding website yang mesti dilakukan dari dasar, website builder ini lebih cepat, efisien, dan jitu untuk yang berpengalaman atau tidak.

Coding dari Nol

Cara membuat website selanjutnya bisa memakai jalan coding website dari nol. Proses ini idealnya diperuntukkan bagi pengguna yang sudah berpengalaman soal dasar-dasar web developing.

2. Pilih Hosting dan Nama Domain yang Tepat

Website itu seperti sebuah bangunan. Nah, layaknya bangunan, mereka harus memiliki alamat yang bisa diakses para penggunanya dan bisa menjadi tempat tinggal. Agar websitemu itu bisa tampil di internet, maka yang harus kamu lakukan selanjutnya dalam cara membuat website adalah membeli web hosting dan membuat situs domain. Tujuannya tentu agar websitemu mudah diakses oleh banyak orang. Lalu apa saja tips memilih hosting dan domain?

Pilih Web Hosting Yang Berkualitas

Untuk memilih web hosting yang tepat, kamu harus memperhatikan betul kualitas dan hal-hal lain dari web hosting tersebut. Salah satu webhosting terbaik yang menyediakan hosting dengan harga yang murah tapi kualitas terbaik adalah IDwebhost. Untuk membuktikannya kami bisa melihat review dan testimoni dari pelanggan mereka.

Memilih Nama Domain Yang Tepat

Secara sederhana, domain itu nama website yang kamu punya. Biasanya, domain itu diketik di kolom pencarian browser. Nah, untuk memilih domain yang tepat dalam cara membuat website adalah salah satu hal yang paling mendasar soal cara membuat website yang tepat. Karena domain juga punya fungsi untuk mengarahkan penggunanya mengunjungi websitemu. Karena itulah, jangan salah pilih nama domain.

Ada banyak nama domain tersedia di IDwebhost yang bisa kamu pilih. Namun begitu, kamu harus mengetahui nama domain seperti apa yang layak untuk kamu gunakan dalam mengembangkan bisnis. Berikut ini beberapa tips untuk memilih nama domain yang tepat.

  • Harus singkat. Siapapun tidak ada yang ingin mengetik nama domain terlalu panjang. Seperti misalnya selamadakamuakubahagia.com
  • Brand yang spesifik. Nama domain itu memberi gambaran orang mengenai websitemu. Jadi pilihlah nama yang juga bisa menjadi brand.
  • Pilih Ekstensi yang benar. Ekstensi domain adalah bagian dari domain yang ada di paling belakang setelah titik (.). .com adalah salah satu domain yang paling sering dipilih oleh banyak orang. Tapi ingat, pemilihan ekstensi domain ini harus sesuai dengan kebutuhan websitemu.
  • Cara mengucapkan nama domain. Nama domain yang kamu pilih harus mudah diucapkan dan tentunya mudah diingat.

3. Mulai Membuat Website

Setelah mengetahui langkah yang paling mendasar, sekarang saatnya mulai membuat website sendiri. Setelah kamu juga mendapatkan hosting untuk situsmu dan juga nama domain yang tepat, kamu bisa mulai membuat website sendiri. Kami akan coba menjelaskan cara membuat website dengan WordPress. Kamu tinggal memilih cara yang menurutmu paling mudah untuk kamu.

Membuat dengan WordPress

Ketika kamu memilih opsi yang satu ini, itu artinya kamu menggunakan CMS untuk membuat website. Berikut ini langkah-langkahnya;

 

 

Instal WordPress dengan Auto-Installer

Cara meginstall WordPress cukup mudah. Kamu bisa langsung meminta penyedia hostingmu menginstallkan atau menginstallnya sendiri lewat cPanel. Ketika sudah masuk cPanel, search auto-installer. Setelah itu masukkan URL, bahasa, sandi, username, email, Judul WordPressmu, dan Tagline. Untuk alamat website bisa kamu kosongkan kalau kamu ingin mengelola WordPress di root nama domain. Selanjutnya klik install. Selesai! WordPress sudah berhasil diinstall. Auto-installer ini memberikan kemudahan untuk memuat website di WordPress. Tapi jika ternyata auto-installer itu gagal, kamu bisa membuatnya dengan menginstall WordPress memakai FTP untuk mentransfer filenya.

Install WordPress menggunakan FTP

Pertama, undus semua versi terbaru WordPress dari website resminya. Selanjutnya unzip arsip itu. Lalu kamu bisa memakai aplikasi FTP client untuk mengupload file ke akun hosting yang kamu miliki. Disarankan untuk menggunakan FileZilla. Tapi jika kamu ingin memakai aplikasi lain diperbolehkan. Selanjutnya semua informasi FTP yang kamu butuhkan itu bisa ditemukan pada bagian akses FTP di akun yang kamu miliki.

Setelah selesai, kamu bisa login ke cPanel websitemu untuk membuat database MySQL dimana disana akan disimpan semua informasi yang dibutuhkan websitemu. Pada penyedia web hostingmu, buka bagian database MySQL. Selanjutnya masukkan informasi yang dibutuhkan. Mulai dari nama database, username, dan juga kata sandinya.

Selanjutnya kamu bisa menjalankan instalasi wizard selama 5 menit. Semua langkah yang disebutkan tadi adalah prasyarat untuk memastikan kalau semua file tersebut sudah diupload dan databse juga sudah dibuat. Sebelum kemudian kita melanjutkan ke langkah berikutnya.

Membuat website memang terkadang cukup sulit untuk beberapa orang. Apalagi bagi mereka yang baru awal dan tidak tahu apa-apa tentang website. Tapi kamu tak perlu khawatir. Sekarang ini sudah banyak bermunculan penyedia web hosting dengan harga murah yang juga memberikan pelayanan pembuatan website. Jadi kamu hanya tinggal membayar kemudian terima beres websitemu tersebut.

Tapi disarankan kamu untuk mencoba belajar cara membuat website meskipun dari WordPress. Hal ini bertujuan untuk menghadapi berbagai masalah yang mungkin akan terjadi setelah kamu memulai menjalankan website untuk bisnismu tersebut. Pada akhirnya semua kembali pada kebutuhanmu sendiri. Apakah membuat website adalah sesuatu yang kamu butuhkan? Jika iya, maka proses yang agak ribet ini tak akan jadi masalah karena itu sudah jadi kebutuhanmu.

Terima kasih, semoga bermanfaat!