Top

Memilih Domain Untuk Website, Ini 10 Tipsnya!

cara milih domain

Memilih Domain Untuk Website, Ini 10 Tipsnya!

Siapapun yang baru kali pertama membeli sebuah domain, pasti akan bingung soal bagaimana cara memilih domain untuk website yang paling tepat. Memilih nama domain itu sama dengan memilih nama untuk sebuah perusahaan atau bisnis yang kamu punya. Kamu butuh waktu dan banyak pikiran untuk memilih nama itu. Domain tersebut secara tidak langsung akan menjadi identitasmu di internet. Jadi, sebelum kamu membeli nama domain untuk websitemu, pastikan kamu memilih nama domain untuk website yang paling tepat.

Berikut ini ada 10 tips memilih nama domain untuk website yang paling tepat.

1. Memilih Domain Untuk Website yang Kreatif dan Bernilai

Seperti yang sudah dikatakan di atas tadi bahwa nama domain secara tidak langsung juga akan menjadi identitasmu di dunia maya. Karena itulah gunakan nama yang kreatif dan bernilai atau brandable. Tujuannya tentu agar nantinya branding yang dilakukan bisa lebih mudah. Ingatlah selalu bahwa nama domain tersebut akan menjadi nama yang dicari, lalu diingat, dan juga disebarkan oleh banyak orang di internet. Jadi, pilihlah nama-nama yang kreatif, mudah diingat, dan brandable. Maksud dari brandable secara sederhana adalah nama yang unik dan menonjol dibanding dengan kompetitor lain.

Ada banyak cara untuk menemukan nama yang unik tersebut. Pertama, kamu bisa menggunakan kata baru yang catchy di telinga banyak orang dan menarik perhatian. Google dan Yahoo adalah salah satu contoh perusahaan yang menggunakan prinsip tersebut. Cara kedua bisa dengan mencari kata-kata yang jarang dipakai sehari-hari tapi pas dengan bisnis yang kamu punya. Atau cara yang paling mudah adalah menggunakan generator nama domain. Kamu tinggal memasukkan saja nama yang menurutmu cocok, lalu generator tersebut akan mengeluarkan nama domain yang mungkin pas untuk websitemu.

2. Domai Harus Mudah Diketik

Ketika kamu menemukan nama domain yang mudah diingat dan diketik tentu akan membantu websitemu mencapai kesuksesan. Hindari untuk menggunakan ejaan gaul atau kata-kata dengan beberapa ejaan yang sulit diingat. Pada intinya, pilihlah nama yang sederhana tapi sangat mencuri perhatian.

3. Pakailah Nama Domain yang Pendek

Tips memilih domain untuk website yang selanjutnya adalah memakai nama domain yang pendek. Jangan sampai kamu menggunakan nama domain yang terlalu panjang dan ribet. Hal itu bisa membuat pelanggan sulit mengingat nama domain yang kamu miliki. Atau bisa jadi juga mereka kemudian salah mengeja atau mengetik alamat domainmu. Jika itu terjadi, maka pengunjung domainmu bisa jadi akan berkurang. Menurut beberapa ahli, disarankan kamu menggunakan nama domain yang tidak lebih dari 17 karakter. Idealnya gunakan nama domain sepanjang 8-9 karakter saja.

4. Masukkan Unsur Keyword Dalam Nama Domain Tersebut

Jika websitemu merupakan sebuah website bisnis, kamu bisa mencoba untuk memasukkan keyword yang kira-kira akan menjadi salah satu senjata bisnismu. Misalnya begini, bisnismu adalah berdagang buah. Maka masukkan kata “buah” menjadi bagian dari nama domainmu. Misalnya kamu bisa memberikan nama domain penjualbuah.com atau sejenisnya. Hal ini bisa membantu meningkatkan traffic websitemu.

5. Pikirkan Baik-baik

Tips dalam memilih domain untuk website yang selanjutnya adalah memikirkan nama tersebut matang-matang. Pikirkan jangka panjangnya ketika kamu menggunakan nama domain tersebut. memang kamu disarankan untuk menggunakan keyword itu. Tapi kamu juga ingat untuk tidak memilih keyword yang terlalu niche atau khusus. Karena jika suatu ketika kamu berpikir untuk melakukan ekspansi, maka nama itu juga bisa menjadi nama produkmu yang lain. Misalnya kamu menggunakan nama SEO pada domain yang kamu pilih. Lalu beberapa tahun berikutnya, kamu mulai mencoba untuk melebarkan sayap di pelayanan yang lain seperti website dan lain sebagainya. Hal itu akan mempersulit melakukan ekspansi. Meskipun tidak sangat krusial, tapi coba pikirkan juga apakah nama domain tersebut adalah nama yang paling merepresentasikan bisnismu sekarang dan sekian tahun ke depan.

6. Targetkan Area

Ketika bisnis yang kamu miliki adalah bisnis lokal, kamu bisa mempertimbangkan nama daerah untuk dimasukkan di domain tersebut. Misalnya jualbuahjogja.com atau sejenisnya. Hal ini bertujuan agar calon konsumenmu bisa dengan mudah menemukan websitemu.

7. Harus Mudah Diingat

Ini adalah tips wajib dalam memilih domain untuk website. Kamu harus memilih nama yang mudah diingat. Untuk mengetahui apakah nama itu mudah diingat atau tidak, kamu bisa mencoba bertanya pada orang lain apakah nama tersebut mudah diingat atau tidak. Jika ternyata menurut beberapa orang cukup mudah diingat, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan nama tersebut. Kamu juga harus mempertimbangkan untuk tidak menggunakan angka atau hypens dalam memilih nama domain tersebut. Keberadaan angka hanya akan membuat nama domain semakin membingungkan. Jika sudah membingungkan, maka nama domain itu akan jadi susah diingat.

8. Lakukan Riset!

Ketika kamu memilih domain, kamu harus memastikan kalau nama domain itu belum ada yang memiliki. Entah dalam bentuk trademark, copyright, atau sejenisnya. Jika nama itu sudah ada yang punya, kamu bisa terkena masalah hukum dan itu merepotkan. Karena itulah penting untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih nama domain. Cek terlebih dahulu apakah nama itu tersedia atau tidak.

9. Apakah Nama Domain Ada Di Social Media

Tips selanjutnya adalah mengecek keberadaan nama yang kamu pilih di sosmed. Apakah nama itu tersedia atau tidak. Hal ini tentunya bertujuan untuk ancang-ancang untuk membuat nama sosial media dari perusahaanmu. Tentunya kamu tidak ingin kan, sudah punya website dan nama domain tapi ternyata nama domain itu sudah “taken” di sosial media?

10. Pakai Ekstensi Domain yang Tepat

Apakah kamu tahu apa itu extention? Extension atau ekstensi adalah akhiran yang ada pada domain seperti misalnya .com atau .net. jika bicara soal popularitas, .com adalah ekstensi yang paling populer. Tapi karena kepopularitasannya itu nama domain dengan ekstensi .com jadi sangat sulit untuk didapatkan. Tapi sekarang sudah ada banyak ekstensi yang juga tak kalah populer dibanding .com. ekstensi tersebut antara lain ada .id, .guru, .cool, dan lain sebagainya.

Itu tadi 10 tips memilih domain untuk websitemu. Pada dasarnya, ketika memilih domain untuk website, yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana catchynya nama tersebut. Cathcy disini artinya mudah diingat, mudah diketik, dan mudah diucapkan oleh banyak orang. Semakin mudah nama domain yang kamu punya diucapkan orang, maka akan jadi semakin mudah diingat juga. Ada banyak cara untuk membuat nama domain mudah diingat, salah satunya adalah dengan memilih nama yang akrab di telinga banyak orang. Misalnya kamu berbisnis anting-anting. Kamu bisa menggunakan nama domain kuping.com atau anting.com atau sejenisnya yang sering juga diucapkan oleh banyak orang. Demikian artikel tentang tips memilih domain untuk website. Semoga bermanfaat!